Berdiri Megah, Jembatan Merah Putih Jadi Ikon Baru Kota Ambon

0
Jembatan Merah Putih Ambon
Jembatan Merah Putih

Kabarkecebong.com, Pemerintah Indonesia baru-baru ini telah meresmikan Jembatan Merah Putih Ambon yang sangat megah dan menjadi iko baru kota Ambon. Fungsi dari Jembatan Merah Putih sendiri adalah sebagai penghubung di Kawasan Teluk Ambon dan juga sebagai Tata Ruang Kota.

Yang dimaksud dengan Tata Ruang Kota Ambon disini adalah untuk menempatkan Desa Rumah Tiga (Poka) sebagai kawasan pendidikan dan Durian Patah-Telaga Kodok sebagai kawasan Permukiman, serta untuk menunjang sistem jaringan jalan yang telah ada khususnya pada Jazirah Leihitu.

Jembatan Merah Putih Ambon ini memiliki panjang 1.140 meter dan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia Timur, Jembatan ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu jembatan pendekat Poka yang  dalam bahasa Inggris biasa disebut Poka Approach Bridge yang mempunyai panjang 520 meter.

Sedangkan  jembatan pendekat Galala atau disebut Galala Approach Bridge mempunyai panjang 320 meter dan yang terakhir adalah jembatan utama atau Main Bridge yang mempunyai panjang 300 meter. Dengan tinggi yang mencapai 34,1 meter jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Kawasan Indonesia Timur yang berdiri megah di atas permukaan laut.

Nama merah putih sendiri bukan semata-mata karena warna jembatan, melainkah ada kisah dibalik pemberian nama jembatan ini. Awalnya jembatan ini  diberi nama jembatan Galala-Poka karena jembatan ini menghubungkan Desa Galala dan Desa Poka akan tetapi ada perselisihan dibalik pemberian nama tersebut, hal itu dikarenakan Desa yang terlewati oleh jembatan ini yaitu Desa Rumah Tiga sehingga penduduk desa tersebut tidak menerimanya.

Sementara Desa Poka yang tanah nya tidak terlewati jembatan malah dijadikan nama jembatan tersebut sehingga pemerintah setempat mengadakan rapat dan memutuskan memberi nama jembatan tersebut dengan nama Jembatan Merah Putih Ambon.

Jebatan yang telah menghabiskan dana APBN sebesar Rp 772,9 miliar ini di resmikan oleh Presiden Republik Indonesia yaitu Joko Widodo pada awal april tahun 2016. Jembatan kokoh ini memakai rancangan jembatan kabel pancang, jembatan kabel pancang sendiri yaitu jembatan yang terdiri dari beberapa tiang dan kabel yang mendukung beberapa dek jembatan.

Peresmian Jembatan Merah Putih Oleh Joko Widodo
Peresmian Jembatan Merah Putih Oleh Joko Widodo / Kompas

Di awal pembuatannya Jembatan Merah Putih Ambon ini sempat mendapatkan beberapa hambatan, seperti masalah cuaca di Timur Ambon yang sehingga menghambat pengiriman material dan juga kawasan ini rentan dengan gempa tektonik yang sempat menggeser pondasi bangunan, tetapi jangan khawatir sekarang Jembatn Merah Putih Ambon sangat aman dan berdiri kokoh.

Dengan dibangunya  Jembatan Merah Putih ini menjadikan Landmark atau icon Kota Ambon yang baru sehingga Kota Ambon nampak sangat indah. Tujuan dibangun nya Jembatan Merah Putih Ambon ini adalah untuk mempermudah penyebrangan dan mempercepat jarak tempuh yang biasanya harus memutar teluk atau menyebrang dengan menggunakan kapal ferry, sekarang dipermudah dengan adanya akses jembatan ini.

Pemangkasan waktu yang efektif sehingga kita dapat menghemat waktu dan juga dapat memangkas biaya operasional kendaraan. Jika dulu dari bandara Pattimura ke Kota Ambon harus menempuh jarak kurang lebih 35 kilometer dengan waktu tempuh 60 menit karena harus memutari teluk. Sekarang setelah ada nya jembatan Merah Putih Ambon ini dengan jarak tempuh tersebut hanya memerlukan waktu 30 menit.

Akhir-akhir ini Jembatan Merah Putih Ambon menjadi sorotan karena sering diselenggarakan Festival Jembatan Merah Putih setiap tanggal  19 agustus 2017. Festival ini juga berhasil memecahkan rekor MURI yaitu dengan membentangkan bendera merah putih disepanjang jembatan dan dijahit secara bersamaan selama 15 menit.

Festival Kembang Api Jembatan Merah Putih Ambon
Festival Kembang Api Jembatan Merah Putih Ambon / pantekasteng

Selain festival Jembatan Merah Putih, ada pula rangkaian acara lain yang sering diselenggarakan di jembatan ini. Rangkaian acara yang melibatkan ribuan masyarakat meliputi pemuda, mahasiswa dan berbagai komunitas.

Acara yang biasa diselenggarakan di Jembatan Merah Putih Tersebut seperti, bukti sosial bersih pantai, peluncuran crowdfunding, talkshow pariwisata, seni budaya dan industri kreatif, nonton bareng film Indonesia, diskusi publik film dan festival kuliner. Juga digunakan sebagai tempat perayaan acara Ulang Tahun Provinsi Maluku.

Jembatan Merah Putih Ambon menjadi salah satu jembatan terpanjang di Indonesia Timur, dengan kemegahan dan keindahannya menjadikan beberapa orang merasa penasaran untuk sekedar melihatnya dan bahkan melintasi Jembatan Merah Putih Ambon ini.

Bahkan seringkali beberapa warga yang menghentikan laju kendaraan nya hanya untuk berfoto diatas jembatan, padahal sebenarnya tidak diperbolehkan karena sangat membahayakan. Ada pula beberapa pemuda yang nekat bermain dan terjun dari atas jembatan ini dengan bertaruh nyawa mengingat tinggi jembatan yang mencapai 34,1 meter.

Bagi kamu yang ingin melintasi atau sekedar ingin mengetahui Jembatan Merah Putih ini dari dekat disaranan agar berhati-hati dan mematuhi perarturan yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here