Jokowi Ajak Kim Jong Un dan Moon Jae-in Hadir di Asian Games 2018

0
Pertemuan Jokowi Dengan 2 Kepala Negara Korea
Jokowi, Kim Jong Un dan Moon Jae-in

Kabarkecebong.com, Presiden Indonesia Joko Widodo mengajak dua pemimpin Korea turut hadir selama gelaran Asian Games 2018. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan undangan kepada Presiden Moon Jae-in (Korea Selatan) dan Kim Jong-un (Korea Utara) agar keduanya berkunjung ke Indonesia selama pesta olahraga Asia tersebut.

Pemerintahan Indonesia nampaknya berusaha memperkuat rekonsiliasi kedua Korea lewat perannya sebagai tuan rumah Asian Games. Hal ini diungkapkan oleh Seorang pejabat pemerintahan di Seoul kepada JoongAng Ilbo.

“Sejauh yang saya pahami, Presiden Jokowi mengundang Presiden Moon dan Pemimpin Kim untuk berada di Jakarta selama Asian Games,” begitu kata sumber JoongAng Ilbo, yang dikutip dari Straits Times

Undangan tersebut disampaikan dari Jokowi kepada dua Negara pada 30 April lalu. Dubes Kim Chang-beom mewakili Korea Selatan dan An Kwang-il dari Korea Utara. Moon mempertimbangkan undangan dari Indonesia sementara dari Kim Jong Un belum ada jawaban.

Jokowi, Kim Jong Un dan Moon Jae-in
Jokowi Ajak Kim Jong Un dan Moon Jae-in Hadiri Asian games 2018

Ini merupakan peristiwa yang besar jika benar terjadi. Pasalnya jika hal ini berhasil, maka pertemuan ini merupakan pertemuan pertama dari kedua kepala Negara Tersebut yang berlokasi di luar Korea. Pada akhir April lalu, Moon dan Kim berhasil memajukan upaya rekonsiliasi dua Korea setelah keduanya bertemu di zona demiliterisasi Panmunjom.

Persatuan ini disempurnakan lewat wacana penggabungan Atlet dari kedua Negara tersebut di beberapa cabang olahraga. dua Korea pun sebetulnya sudah menggagas ide hanya mengenakan satu bendara saat parade pembukaan. Dan mereka sudah menyetujuinya. Penyatuan para atlet dua Korea tersebut sebagai lanjutan diplomasi damai dua pemimpin di Panmunjom.

Semoga dengan adanya Asian Games 2018 ini perdamaian dan persatuan antar bangsa bisa terwujud. Manfaatnya bukan hanya bagi kedua Negara tapi juga bagi Indonesia sebagai tetangga jauh negri Korea.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here