Ricuh Arema dan Persib, PSSI Persiapkan Sanksi

0
PSSI
Hukuman PSSI untuk laga Arema dan Persib

kabarkecebong.com, Klub Arema FC dipastikan akan mendapat sanksi dari komisi disiplin (komdis) PSSI. Selain klub tersebut, pihak penyelenggara juga ikut mendapat hukuman yang harus diterima.

Sebelumnya terjadi laga antara Arema FC versus Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Jawa Timur, Sabtu (6/10/2018).

Menurut komdis PSSI terjadi sejumlah pelanggaraan kode etik disiplin yang dilakukan supporter arema saat laga berlangsung.

“Tim pengawas melihat terjadi aksi pelanggaran yang tidak bisa ditoleransi saat pertandingan. Hal ini menjadi bahan referensi kami untuk memutuskan ketika rapat nanti digelar,”┬ákata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono di Jakarta, Minggu (7/10).

Ia mengungkapkan tidak akan memberikan toleransi terkatit kericuhan yang terjadi.

Tim pengawas telah meminta operator liga klub untuk memperhatikan penyelenggaraan prosedur pertandingan. PSSI berkomitmen untuk menjaga dan menegakkan proses hukum yang akan berlangsung,” unkap Joko.

Penonton bertindak anarkis saaat laga berlangsung. Merusak fasilitas dan membawa bendera yang bersifat rasis dan provokator.

Laga berakhir dengan skor 1-0 untuk tuan rumah. Namun kemenangan ini tercoreng akibat rasisnya para penonton. Beragam hinaan terlontak dari bangku penonton. Suporter juga menerobos masuk ke dalam lapangan.

Komdis PSSI akan mengumumkan hukuman pada selasa (9/10/2018).

Ketua Tim Pencari Fakta (TPF), Gusti Randa, menyaksikan secara langsung peristiwa yang terjadi pada pekan ke-24 Liga 1 2018.

Ia sangat menyesalkan insiden penonton yang bahkan sebelum di mulai pertanding sudah berani menerobos masuk ke dalam lapangan.

Ia tidak memberi tau hukuman seperti apa. Gusti juga tidak bisa memastikan apakah hukman Arema FC lebih berat dari pada Persib Bandung.

Sebelumnya, Persib Bandung menerima hukuman harus bermain kandang tanpa supporter dari mereka hingga kompetisi Liga 1 2018 berakhir. Klub dari Jawa Barat ini diperbolehkan kembali kekandangnya pada Liga 1 2019, meski tanpa penonton ditegah pertengahan musim.

Menurut Gusti, pertandingan Arema dan Persib bisa berjalan baik. Hanya saja supporter dari panitia pelaksana tidak siap untuk melindungi klub tamu.

“Kita tunggu saja keputusan dari komdis PSSI. Supporter juga akan kena sanksi bila bersalah,” unkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here