Tips Belanja Online Agar Aman, Nyaman dan Tidak Tertipu

0
Tips Belanja Online Aman
TipsBelanja Online / jalantikus

Kabarkecebong.com, Tidak dipungkiri bahwa kehadiran internet telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia termasuk kebiasaan dalam berbelanja. Dunia dalam genggaman yang saat ini menjadi jargon di era dunia digital. Hanya tinggal mengklik layar smartphone atau dengan mengklik mouse PC, kamu bisa dengan mudah belanja online.

Belanja online sudah menjadi gaya hidup baru bagi sebagian besar masyarakat. Kemudahan bertransaksi, bebas macet, tawaran fitur dan kelengkapan barang yang ditawarkan yang menarik dari berbagai penyedia layanan transaksi online.

Dunia e-commerce memberikan kemudahan bagi konsumen untuk berbelanja di ratusan bahkan ribuan toko online. Masyarakat modern tidak membutuhkan banyak waktu untuk keluar masuk toko dan mencari kebutuhan mereka karena semua telah tersedia online.

Online Shopping
Online Shpping / tulisbaca

Dengan belanja online, pembeli tidak perlu khawatir akan tertipu dengan barang yang dibeli karena adanya program untuk menawarkan pilihan penukaran barang jika ternyata tidak sesuai spesifikasi. Pembeli juga bisa merasa nyaman dengan adanya rekening bersama yang dijamin oleh perusahaan penyedia jual beli online sehingga bisa meminimalisir kasus penipuan.

Kini semakin banyak online shop berlomba-lomba menawarkan promo murah untuk para pembeli. Harga online memang terpaut cukup murah dibandingkan dengan kita membeli di pasar swalayan atau toko -toko. Tak sedikit orang kini lebih memilih untuk belanja secara online.

Tapi bagaimana kah memastikan harga murah apa benar-benar asli atau penipuan, inilah tips belanja online yang aman:

Tips Belanja Online
Belanja Online / inspirasi
  1. Lihat Perbandingan Harga Pasaran

Banyak online shop menawarkan harga murah untuk kebutuhan rumah tangga ataupun gadget yang sedang naik daun dengan produk-produk andalan, setiap online shop tidak akan mematok harga yang berbeda jauh. Banyak orang tergiur dengan harga yang sangat murah dan akhirnya mereka tertipu maka jangan membeli barang dengan harga terlalu jauh dari pasaran.

  1. Pastikan Online Shop Tersebut Memiliki sistem Pembayaran COD (cash on delivery)

Cash on delivery merupakan sistem pembayaran dimana pembeli tinggal menunggu barang datang kemudian membayar barang tersebut dirumah, metode ini memang sangat disarankan karena aman dan terhindar dari penipuan.

  1. Memilih Online Shop Terpercaya

Pastikan bahwa situs tersebut mencantumkan alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Selain itu, browsing terlebih dahulu ulasan dari orang-orang yang pernah berbelanja di aitus tersebut. Tanggapan pelanggan yang positif adalah tanda bahwa situs tersebut memang terpercaya. Jika ulasan negatif cukup banyak sebaiknya pertimbangkan kembali.

  1. Hadari Online Shop Yang Meminta Dp Dahulu

Banyak sekali online shop yang meminta dp terlebih dahulu, sebaiknya jika menemukan online shop yang meminta dp terlebih dahulu batalkan saja transaksi tersebut sebab bisa jadi merupakan penipuan. Online shop terpercaya biasanya tidak meminta dp terlebih dahulu, metode pembayaran biasanya transfer bank 1x24jam, kredit, cod, dan memakai internet banking setiap bank.

  1. Simpanlah Bukti Transaksi

Jika hendak berbelanja online pastikan kamu menerima bukti transaksi dari pembelanjaan kamu. Simpanlah bukti tersebut jika barang yang dibeli mendapat penipuan maka kamu bisa melaporkan ke pihak berwajib dengan menunjukan bukti transaksi tersebut.

  1. Kenali Produk

Kenali produk yang akan di beli, sebaiknya browsing terlebih dahulu mengenai produk tersebut mulai dari kelengkapan, foto dan harga. Tanyalah kepada seller tentang spesifikasi barang tersebut jika tidak sesuai dengan info tentang barang tersebut maka sudah jelas itu penipuan.

  1. Lihatlah Testimoni

Sebelum membeli barang lihatlah testimoni online shop tersebut jika banyak yang memberikan komentar positif maka online shop tersebut bisa dipercaya.

  1. Adanya Rekening Bersama

Rekening bersama merupakan salah satu jasa sebagai perantara pembeli dengan penjual. Dengan adanya rekening bersama, penipuan bisa diminimalisir karena uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekening bersama, sehingga tidak langsung sampai ke penjual hingga barang yang dibeli sampai ke tangan pembeli.

  1. Perhatikan Tanda Gembok

Pada saat mengakses situs online shop lihatlah pada bar apakah ada tanda gembok. Saat mengunjungi website yang tidak memiliki kode SSL ( Secure Sockets Layer) yang tertanam. Untuk mengetahui website yang aman dan memiliki SSL/TSL cek apakah website tersebut melalui https:// bukan http://. Perhatikan apakah terlihat gambar gembok di sebelah alamat URL di bawah web browser.

  1. Jaga Informasi Pribadi

Jika ada online shop meminta no rekening, pin, dan data pribadi sebaiknya anda hindari, karena kemungkinan penipuan, online shop terpercaya tidak akan memintai pin rekening. Harap waspada jangan pernah memberikan no rekening pin dan no identitas.

Itulah tips belanja online untuk meminimalisir kasus penipuan yang marak beredar, jadilah pembeli yang cerdas dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dan pastikan anda puas dengan barang yang kamu beli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here