Perbedaan iPhone 8, Iphone 8 Plus dan iPhone x

Begini Perbandingan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X

Teknologi

Kabarkecebong.com, Secara desain, iPhone 8 dan 8 Plus agak mirip iPhone 7 dan 7 Plus serta masih mengusung TouchID. Sementara iPhone X layarnya penuh dan menanggalkan TouchID, digantikan FaceID.

Alih-alih memperkenalkan iPhone 7s, perusahaan itu langsung memperkenalkan iPhone 8 dan iPhone 10 yang diberi nama iPhone X. Lantas, apa yang membedakan kedua seri terbaru tersebut?

1. Tampilan

Hal yang paling mencolok dari ketiganya adalah dari segi tampilan. iPhone 8 dan 8 plus tak memiliki perbedaan yang signifikan dari segi bentuk dengan pendahulunya yaitu iPhone 7. Sementara iPhone X tampil dengan layar memenuhi tampilan muka dan tidak memiliki tombol Home.

Tak ada lagi TouchID, pemindai sidik jari untuk autorisasi iPhone. Sebagai gantinya, Apple memasukkan FaceID. Lucunya, saat demo dilakukan di panggung, FaceID sempat gagal mengenali wajah pengguna.

2. Harga

Perbedaan mencolok lain dari sisi harga. Sebab, iPhone X dijual dengan harga US$ 200 lebih mahal dari iPhone 8 dan 8 Plus. Apple membanderol iPhone X US$ 999, sementara iPhone 8 Plus hanya US$799, dan iPhone 8 US$ 699.

3. Screen

Layar juga jadi pembeda yang signifikan dari ketiga ponsel ini, dilihat dari segi dari ukuran, resolusi, hingga jenis panel yang digunakan. Layar yang digunakan di iPhone 8 selebar 4,7 inci, iPhone 8 Plus 5,5 inci, dan iPhone X 5,8 inci.

Resolusi layar yang diusung iPhone X jadi yang paling tinggi 2436 x 1125 pixel. Disusul dengan resolusi iPhone 8 Plus sebesar 1920 x 1080 pixel. Sementara iPhone 8 hanya menggunakan layar beresolusi 1334 x 750 pixel. Pada iPhone 8 dan 8 plus, keduanya menggunakan panel yang sama, IPS. Sementara iPhone X menggunakan panel OLED.

4. Berat dan Tebal

Jika dilihat dari dimensi ponsel, iPhone X adalah yang paling tebal 7,7 mm. Sementara ketebalan iPhone 8 Plus 7,5 mm dan iPhone 8 7,3 mm.

Saat digenggam, ternyata iPhone 8 Plus yang paling berat dengan 202 gram. Sementara iPhone X, meski tebal tapi ponsel ini lebih ringan, hanya 174 gram. Ponsel paling ringan tentu iPhone 8 dengan 148 gram.

5. Kamera

Kamera iPhone 8
Gambar: iMore

Resolusi kamera pada ketiga ponsel ini hanya sedikit berbeda. Pada iPhone 8 dan 8 Plus, sama-sama menggunakan kamera depan 7 MP dan kamera belakang 12MP.

Sementara iPhone X menggunakan kamera depan serupa, 7 MP dan kamera belakang sedikit ditingkatkan jadi 13 MP. Perbedaan lain adalah iPhone X dan iPhone 8 Plus sama-sama menggunakan kamera ganda untuk kamera belakang, sementara iPhone 8 hanya mengusung kamera tunggal.

Meski demikian, resolusi kamera ganda iPhone X lebih tinggi (13MP) dari iPhone 8 Plus (12MP).

6. Hardware dan Software

Semua ponsel iPhone model terbaru ditenagai prosesor anyar yang dijuluki A11 Bionic ditambah prosesor pendamping M11. Belum ada informasi soal RAM, tapi kabarnya iPhone 8 akan memiliki RAM 2 GB kemudian iPhone 8 Plus dan iPhone X akan dibekali RAM 3 GB.

Memori internal ketiganya ada opsi 64 GB dan 256 GB. Semuanya juga mengusung kapabilitas isi ulang nirkabel dan fast charging. Adapun kapasitas baterai belum diumumkan.

Sekadar informasi, iPhone X memang ditujukan sebagai penanda kiprah satu dekade iPhone. Sementara iPhone 8 merupakan penerus langsung dari iPhone 7 yang rilis tahun lalu.

Adapun perbedaan yang dimiliki olehkedua ponsel tersebut yaitu:

1. Memakai layar OLED dengan HDR

Untuk kali pertama, Apple menggunakan layar OLED untuk iPhone X. Berbeda dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang masih memakai layar IPS LCD. Penggunaan layar OLED ini menghasilkan contrast ratio yang cukup tinggi mencapai 1.000.000 : 1.

Adapun di layar OLED yang disebut sebagai Super Retina HD Display ini dapat memproduksi warna hitam yang lebih pekat. Selain tampilan yang kian apik, penggunaan OLED juga membuat konsumsi baterai lebih efisien.

2. Dual OIS

Meski sama-sama mengusung lensa ganda, iPhone X memiliki keunggulan ketimbang saudaranya iPhone 8 Plus. Alasannya, Apple membekali iPhone X dengan optical image stabilization (OIS) di kedua lensa. Sementara iPhone 8 hanya memiliki OIS di lensa wide angle.

Selain OIS, lensa tele iPhone X juga mampu menangkap gambar lebih baik. Sebab, berbeda dari iPhone 8 Plus yang memiliki aperture f/2.8, iPhone X memiliki lensa tele dengan aperture f/2.4 untuk menghasilkan gambar lebih baik dalam keadaan low light.

3. Face ID

Mengingat iPhone X mengusung desain bezeless, Apple pun memilih meniadakan tombol fisik yang biasa digunakan untuk membuka perangkat. Sebagai gantinya, perusahaan tersebut memperkenalkan fitur Face ID.

Sesuai namanya, fitur ini memanfaatkan pemindaian wajah pengguna. Untuk mendukung kinerja, Apple pun menggunakan teknologi baru bernama TrueDepth yang terdiri kamera dan sejumlah sensor untuk memindai wajah.

4. Portrait mode dengan kamera depan

Berbekal sensor yang ada di bagian depan, iPhone X juga dapat menangkap gambar dalam modus portrait melalui kamera depan. Sebelumnya, modus portrait hanya dapat dilakukan dengan memanfaatkan kamera utama iPhone 7 Plus termasuk iPhone 8 Plus.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Portrait Lighting dengan kamera depan. Meski masih tahap beta, fitur ini memungkinkan pengguna mengatur pencahayaan tangkapan gambar sesuai kebutuhan.

5. Animoji

Kemampuan Animoji di iPhone X juga tak lepas dari teknologi TrueDepth yang dapat membaca dan menganalis lebih dari 50 pergerakan otot yang berbeda. Dengan fitur ini, pengguna dapat memindai wajahnya dan diubah menjadi emoji animasi.

Nantinya, Animoji dapat digunakan saat berkirim pesan melalui iMessage. Tak hanya menangkap gerakan wajah, pengguna juga dapat menambah rekaman suara di emoji tersebut hingga tampil lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *