Lima Menit Untuk Mencegah Resiko Kanker Payudara

0
Waspada Kanker Payudara
Kanker Payudara

Kabarkecebong.com, Kanker Payudara atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama breast cancer merupakan pertumbuhan jaringan Kanker yang terjadi pada jaringan payudara. Kanker Payudara merupakan suatu kondisi dimana sel telah kehilangan makanisme normalnya dan menyebabkan terjadinya pertumbuhan jaringan yang tidak normal.

Pertumbuhan jaringan kanker ini biasanya cepat dan tidak terkendali pada jaringan payudara. Kanker ini umumnya menyerang wanita meskipun sebenarnya tidak menutup kemungkinan bisa menyerang kaum pria.

Kanker Payudara adalah salah satu jenis kanker yang bisa menyebabkan kematian jika dibiarkan hingga stadium akhir, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bisa sembuh.

Lebih dari 150ribu kasus pertahun di Indonesia, Kanker ini menyerang 1 dari 8 wanita di dunia hal ini dapat dikurangi dengan mengetahui gejala serta ciri-ciri umum dari kanker tersebut.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab Kanker Payudara, sebagai pengetahuan agar kamu bisa mendeteksi gejalanya sedari dini:

  1. Faktor Reproduksi
Faktor Reprosuksi
Faktor Reproduksi / kaltim.prokal

Reproduksi merupakan organ vital manusia namun sangat rentan mengdapatkan berbagai permasalahan. Faktor reproduksi ini berhubungan dengan resiko terjadinya Kanker Payudara yaitu wanita manopause pada umur lebih muda, haid pertama dengan umur yang masih sangat muda dan kehamilan pertama pada umur tua. Hal ini bisa menjadi jalan pembuka perkembangan Kanker. Karena saat tersebut secara anatomi dan fungsional, payudara akan mengalami perubahan.

  1. Obesitas
Obesitas atau Kelebihan Berat badan
Obesitas / ethicaldigest

Obesitas sangat erat kaitannya dengan tumbuhnya jangingan kanker dalam tubuh, hal ini dikarenakan berat dan bentuk badan mempunyai hubungan yang positif dengan Kanker Payudara terutama pada wanita pasca manopause, sehingga bisa menjadi pemicu resiko terkena Kanker.

  1. Konsumsi Lemak
Konsumsi Lemak
Konsumsi lemak / inikpop

Lemak memang erat kaitannya dengan Kanker Payudara sebuah penelitian membuktikan bahwa lemak dan serat sangat berhubungan dengan kanker  pada wanita 34 sampai 59 tahun.

  1. Riwayat Keluarga
Riwayat Keluarga
Riwayat Keluarga / hellosehat

Riwayat keluarga memang menjadi faktor penting bagi kesehatan, jika salah satu dari keluarga terdekat menderita Kanker Payudara tidak menutup kemungkinan bagi keluarga lainnya terkena Kanker tersebut.

Selain perlu mengenali faktor penyebabnya, alangkah baiknya kenali pula tanda-tanda umum ketika terkena Kanker Payudara.

Apa sajakah tanda-tanda awal dari  Kanker Payudara yang harus anda kenali? Ini dia penjelasannya:

  • Munculnya Benjolan Di Payudara

Benjolan pada payudara bisa menjadi tanda awal bagi adanya Kanker Payudara. Benjolan tersebut biasanya tidak terasa sakit, tetapi tidak semua benjolan yang muncul merupakan penyebab Kanker. Benjolan tersebut dapat teraba saat kamu melakukan pemeriksaan pribadi di rumah. Biasanya teraba saat sedang menstruasi.

  • Warna Kulit Payudara Berubah

Perubahan warna kulit juga bisa menjadi tanda awal dari adanya Kanker Payudara, namun hal ini terkadang disalah artikan dengan infeksi, padahal jika kamu tidak yakin dengan benjolan yang muncul dalam payudara, perubahan warna kulit mungkin bisa membuat lebih waspada.

Kulit akan menjadi kemerahan seperti iritasi, tekstur kulut terasa seperti jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk dan terjadi penebalan kulit.

  • Puting Terasa Sakit

Ciri gejala Kanker Payudara stadium awal dengan adanya rasa sakit pada bagian puting dan perubahan tidak normal seperti keluarnya cairan dari puting.

  • Munculnya Benjolan Pada Ketiak

Meski disebut Kanker Payudara, bukan berarti benjolan pada bawah ketiak yang kamu temui tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Itulah kenapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Ini perubahan gaya hidup untuk mencegah resiko terkena Kanker Payudara:

  • Gaya Hidup Sehat
Gaya Hidup Sehat
Gaya Hidup Sehat / fitlife

Berolahraga dan mengatur pola makan adalah kunci utama, kamu dapat memulai hidup sehat dengan tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol.

  • Diet Sehat
Diet Sehat
Diet Sehat / perfscience

Diet sehat mengkonsumsi makanan bebas lemak dan kaya akan nutrisi, perbanyak sayur dan buah serta protein rendah lemak.

  • Olahraga Teratur
Olahraga Teratur
Olahraga Teratur / gudangkesehatan

Kanker dapat menyebabkan lemas yang berkepanjangan dan tidak akan membaik dengan beristirahat. Berolahraga teratur dapat membantu anda menghilangkan rasa lemas. Kamu dapat memulainya dengan berjalan dan memilih olahraga yang nyaman.

Kurangi resiko terkena Kanker Payudara dengan memeriksa payudara anda di rumah hanya perlu waktu lima menit dengan cara meraba apakah ada benjolan tidak normal jika menemukan benjolan segeralah datang ke dokter dan konsultasikan benjolan apakah itu atau gejala lainnya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here