Tips Tepat untuk Menentukan AC Hemat Listrik Terbaik

0
Tips Memilih AC Hemat Listrik Terbaik
AC Hemat Listrik Terbaik

Kabarkecebong.com, Pendingin ruangan atau AC saat ini sudah umum digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Tak hanya kalangan atas saja yang rumahnya dipenuhi oleh condenser AC namun juga kamar kos atau rumah susun.

Dengan adanya AC, suhu ruangan menjadi lebih sejuk sehingga ruangan menjadi lebih nyaman ditempati terutama untuk mereka yang memiliki anak kecil. AC dulu sangat identik dengan banyaknya daya listrik yang dibutuhkan untuk menggunakannya.

AC hanya bisa digunakan bagi mereka yang memiliki catu daya listrik minimal 2200watt. Padahal tak semua rumah memiliki kapasitas listrik tersebut. Namun hal tersebut kini sudah tidak berlaku lagi karena sudah ada AC hemat listrik yang bisa kamu gunakan.

Buat kamu yang ingin memiliki AC tapi daya listrik di rumah tidak terlalu besar, berikut adalah cara yang bisa digunakan untuk memilih AC hemat listrik terbaik untuk keperluan kamu.

Tips Cara Memilih AC Hemat Listrik
AC Hemat Listrik

Ada banyak faktor yang mempengaruhi besar kecilnya daya listrik yang diperlukan untuk sebuah AC bekerja yaitu:

  • Tegangan listrik yang dibutuhkan pada awal menghidupkan AC.
  • Besar kecil ruangan.
  • Cepat lambatnya ruangan menjadi sedingin yang diinginkan, bisa dipengaruhi oleh dibuka tutupnya pintu ruangan.
  • Ukuran pk AC.
  • Fitur lain yang dimiliki AC misalnya sensor otomatis dan sebagainya.

Faktor-faktor diatas ada yang mengakibatkan AC membutuhkan listrik lebih banyak ada juga yang mengurangi kebutuhan listrik yang diperlukan. Buat kamu yang memiliki rumah dengan daya listrik kurang dari 2200 watt, kini tak perlu khawatir lagi karena sudah banyak jenis AC hemat listrik yang bisa digunakan. Dari banyaknya pilihan tersebut, berikut ini adalah cara yang bijak dalam memilih AC hemat listrik terbaik:

  1. Sesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan kamu pasangi AC. Meski memilih AC dengan ukuran pk rendah agar hemat listrik namun jika tidak sesuai dengan besar ruangan kamu maka hal tersebut akan percuma karena AC justru akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan suhu yang diinginkan.
  2. Pilih AC dengan kebutuhan daya listrik maksimal 2/3 dari daya listrik total rumah kamu. kebutuhan listrik pada saat menghidupkan AC hingga mencapai suhu yang diinginkan adalah kebutuhan listrik yang paling banyak. Sehingga diharapkan masih ada alokasi listrik untuk kebutuhan elektronik kamu yang lain.
  3. Pilih AC dengan kecepatan baik untuk mendinginkan ruangan. Semakin cepat AC bisa mendinginkan ruangan maka listrik yang dibutuhkan akan semakin hemat. Hal tersebut juga bisa kamu bantu dengan cara memastikan ruangan dalam keadaan tertutup saat AC dinyalakan.
  4. Kurangi pemakaian fitur tambahan lain pada AC. Misalnya AC kamu memiliki fitur filter plasma, kipas, atau sensor hidup dan mati, maka kamu bisa mematikannya untuk menghemat kebutuhan listrik.

Dengan memilih AC hemat listrik terbaik dengan cara-cara di atas, kamu akan mendapatkan AC yang tidak terlalu banyak memakan daya listrik namun tetap bisa menghasilkan suhu udara yang diinginkan.

Cara menghemat listrik lainnya juga bisa kamu lakukan untuk mengurangi pengeluaran kebutuhan listrik kamu misalnya mematikan AC saat tidak ada orang di ruangan tersebut dan mencabut saklar perangkat elektronik lainnya yang tidak digunakan.

Pilihlah AC hemat listrik dengan cara membelinya langsung di toko elektronik terdekat atau melalui pemesanan di situs belanja online terpercaya. Lakukan pemasangan oleh ahli dan juga rawat serta bersihkan AC kamu secara rutin dengan bantuan jasa pembersihan AC yang berpengalaman agar AC kamu selalu prima dan awet digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here